Benchmark in Blogging

17.57.00

Dalam dunia bisnis, suatu proses yang tersistem untuk membandingkan produk, jasa ataupun cara kerja suatu perusahaan terhadap competitor ataupun pemimpin pasar disebut benchmarking.

Mengapa sebuah perusahaan harus membandingkan dirinya dengan perusahaan lain yang lebih maju?

Benchmarking dilakukan dengan tujuan meningkatkan kinerja sebuah perusahaan yang harapannya, nantinya akan berimbas pada kenaikkan pendapatan perusahaan.

Dalam melakukan benchmarking, perusahaan biasanya akan membandingkan nilai-nilai tertentu dalam perusahaannya dengan perusahaan yang lebih unggul, dengan standar keunggulan yang sebanding. Dengan tujuan menentukan langkah-langkah yang sistematik dan terarah dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

Hadeh,, teoritis banget dech :(

Lha trus apa kaitannya dengan blogging?

Ya, terus terang inilah yang saya lakukan untuk membuat blog saya lebih menarik atau bahasa kerennya dalam bisnis lebih kompetitif. Harapannya, hal itu akan berimbas pada kantong agar semakin tebal dengan cara yang lebih elegan alias tidak dengan menerima sembarang iklan (iklan porno-pen).  Walaupun saya sadari sepenuhnya, blog saya masih jauh dari kata menarik :)

Well, langsung saja, Blog yang akan menjadi benchmark saya kali ini ialah blog-blog yang menjadi finalis dalam lomba blog yang diadakan oleh majalah SEKAR.

Sebagian atau 50% blog yang masuk sebagai finalis, merupakan blog yang konsen dengan urusan DPR alias dapur. Terus terang saya belum cross cek apakah SEKAR sebuah majalah yang memiliki konten urusan DPR atau yang lain, tapi yang jelas tulisan di blog yang terpilih sudah bisa dikategorikan jurnalisme yang memuat 5W1H.

Konten

Isi dari blog masing-masing finalis sangat spesifik, artinya mereka hanya memiliki satu tema besar yang mereka gali untuk dimasukkan dalam tulisan-tulisan didalam blognya. Ambil contoh Blog “Ulbulnada” milik Nina Mayasari,  si pemiliki blog memiliki latar belakang seorang arsitek.




Nina menulis hal-hal seputar desain, home sweet home dan befor after atau make over yang sangat kental dengan dunianya. Bahkan tulisan nina tentang travellingnya pun tak lepas dari dunianya sebagai arsitek.

Fotografi dan tata letak (lay out)
Cooking With Love

Diantara 10 Finalis, blog milik Tika Hapsari R Nurmiatami, Yunita Rahmasari, Ika Rahma Hadianti, Yulyan Parwati, Nina Mayasari, Prapti Kusumastuti, dan Julian Wingantini memiliki agle foto yang sangat bagus. Sangat mirip dengan foto-foto yang ada ditabloid ataupun majalah. Terlihat bahwasannya mereka bukanlah fotografer amatiran seperti saya :D

Finising foto-fotonya yang di upload pun terasa sekali jika itu dikerjakan oleh tangan-tangan professional. Bukan abal-abalan macem saya :D Pokoknya perfecto dech.



Side Job    

Alasan mereka membuat blog bukan semata-mata untuk menjaring iklan di blognya.

Contohnya blog nupinupi milik Prapti Kusumastuti. Selain menulis bagaimana membuat kreasi dari flanel dan hal-hal seputar kerajinan tangan dari flanel, Prapti memanfaatkan blognya untuk menawarkan kursus kerajinan tangan dari bahan flanel jarak jauh.



Kapan ya blogku bisa seperti  saat. Entah besok, lusa atau lusanya lagi. Yang penting tetep semangat untuk belajar. Ya nggak bro? :D

You Might Also Like

0 komentar