Air Putih

13.19.00



Ada kebiasaan yang kita tahu manfaatnya dan sangat mudah dilakukan yang jarang kita perhatikan. Ya, meminum air putih. Kadang karena alasana kesibukkan ataupun karena tidak merasa haus kita mengkonsumsi air lebih sedikit dari yang dibutuhkan tubuh.

Air merupakan komponen utama tubih kita. Kandungan air pada bayi sebesar 80%, sementara orang dewasa sebesar 65% dan pada usia lanjut diatas 65 tahun sebesar 50%. Kebutuhan air juga tergantung dari ukuran tubuh seseorang. Meski kebutuhan air untuk tiap orang berbeda, menurut Profesor Hiromi Shinya MD, pakar enzim yang juga guru besar kedokteran di Albert Einstein College of Medicine AS, idealnya tubuh mendapatkan pasokan air 6-8 gelas per hari atau setara dengan 1,5 sampai 2 liter, untuk orang dewasa.

Kekurangan air putih akan menyebabkan dehidrasi dengan indikasi ringan seperti merasa lelah, tenggorokan kering, badan panas, sakit kepala, air kencing pekat, denyut nadi cepat. Jika anda mengalami hal tersebut, segeralah minum sebanyak mungkin. Jangan anggap sepele, dehidrasi akan mengakibatkan cairan otak menurun sehingga asupan oksigen yang harus mengalir ke otak jadi berkurang. Akibatnya sel-sel otak menjadi tidak aktif dan tidak berkembang.

Hal ini mesti kita waspadai karena komposisi otak terdiri atas cairan sehingga ketika otak tidak mendapatkan asupan air yang cukup, akan menganggu fungsi kognitif otak. Jika otak tidak dapat menjalankan fungsi normalnya, akibatnya otak menjadi lemot, gampang lupa dan tidak konsentrasi bahkan menjadi pikun.

Kekurangan cairan dalam otak juga dapat berakibat fatal. Menurut Prof. Dr. Benyamin Candra, seorang ahli ilmu penyakit syaraf Fakultas Kedokteran Unair Surabaya, kekurangan air dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada pembuluh darah otak (Cerebro Vascular Disease) dengan akibat kelumpuhan bahkan kematian. Dari penelitian yang ia lakukan di kalangan penduduk Jawa Timur yang mengalami kekurangan air minum, ia menemukan bukan hanya penyakit batu ginjal tapi juga mengalami shock akibat dari pengentalan darah.

Sementara seorang Profesor dari Universitas Houston Texas AS, Prof. Dr. Frank Yatsu mengungkapkan bahwa pengentalan darah yang terjadi akibat kekurangan minum membuat aliran darah menjadi berat. Hal ini menyebabkan supply oksigen yang diantar ke otak menjadi berkurang. Hal ini menjadi awal terjadinya stroke.

So, tak ada salahnya jika kita membawa botol minuman kemanapun kita pergi untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh kita :)





Gambar diambil disini

You Might Also Like

0 komentar