Kedekatan Ayah dan Anak Perempuan

05.22.00


Obama dan putrinya doc. Google

Ayah biasanya memiliki kecenderungan lebih dekat dengan anak laki-laki dibandingkan anak perempuan. Hal ini bisa dimaklumi karena terkadang mereka memiliki kesamaan karakter dan hobi yang memungkinkan mereka untuk berkegiatan bersama. Bagaimana dengan anak perempuan? Perlukan seorang ayah dekat dengan anak perempuannya?

Dalam buku Strong Fathers Strong Daughters, Meg Meeker, MD menyebutkan pentingnya seorang ayah dekat dengan anak perempuannya. Terlebih ketika putri mereka memasuki masa pubertas atau remaja dimana anak mengalami perubahan fisik, psikis, dan pematangan fungsi seksual. Dimasa ini pula anak mulai mengenal lawan jenis dan mulai jatuh cinta. Ya, biasanya kita menyebut dengan istilah cinta monyet.

Menghindarkan dari perilaku yang menyimpang

Budaya barat sudah sedemikian dahsyat berasimilasi dan mengikis budaya kita. Betapa kaget saya ketika saya menemukan sebuah status di FB dari seorang anak umur belasan tahun yang mengatakan,“Yang cantik tak bersegel, yang jelek masih bersegel. Pilih yang mana?” yang kemudian dikomentari beragam oleh sahabat-sahabatnya. Inilah realita anak muda dan tantangan orang tua jaman sekarang.

    Yang cantik tak bersegel, yang jelek masih bersegel. Pilih yang mana?

Seorang ayah harus selalu mengingatkan putrinya bahwa ia memiliki tubuh yang spesial yang harus dijaga agar tetap spesial. Tekankan padanya bahwa aktifitas seksual tidak bisa dilakukan dengan sembarang orang. Ia harus melakukannya dengan pasangan yang sah untuknya. Selain agama dan norma sosial tidak memperbolehkan, ini sebagai wujud bagaimana ia menghargai tubuhnya.

Meski pada awalnya sulit, tapi sebagai ayah hal ini harus dilakukan karena ayahlah laki-laki yang lebih ia percayai dibanding lelaki manapun didunia ini.

Selain seks bebas, narkoba juga menjangkiti generasi muda saat ini. Data dari Badan Narkotika Nasional (BNN) menyebutkan, pada tahun 2008 pemakai narkoba mencapai 3,6 juta jiwa. Sedangkan pada tahun 2011 telah mencapai 3,8 juta jiwa. Sementara data Komisi Nasional Perlindungan Anak menyatakan, pasien ketergantungan narkoba di rumah sakit mengalami peningkatan signifikan. Pada tahun 2009 pasien berjumlah  2.090 jiwa dan meningkat menjadi 8.017 jiwa pada tahun 2011.

Disinilah peran sentral ayah sangat dibutuhkan oleh putrinya. Seorang ayah harus bisa menjadi pelindung bagi putrinya. Termasuk melindunginya dari jeratan narkoba. Dan tugas ini tidak akan berhasil manakala ia tidak memiliki kedekatan dengan anak gadisnya.

Jika anak memiliki  kedekatan dengan orang tuanya, maka mereka senantiasa menjadikan rumah sebagai tempat menyelesaikan permasalahan. Bukan pada teman-temannya yang mungkin akan menjerumuskannya. Ataupun pada narkoba yang akan mengancam jiwanya.

Memiliki Self Esteem tinggi

Ditengah tekanan budaya yang mengagung-agungkan tubuh yang kurus dan kecantikan lahiriah, seorang ayah harus selalu mendampingi putrinya, menanamkan padanya bahwa apapun yang dianugerahkan Tuhan padanya ialah yang terbaik. Seorang ayah juga harus membantu putrinya untuk menemukan potensi yang ia miliki tanpa mengharuskannya memiliki tubuh ramping dan kecantikan imitasi.

You Might Also Like

0 komentar