SENI MENJAGA MOTIVASI TETAP “ON FIRE”

21.57.00

Rutinilas yang Anda jalani kadang memunculkan rasa bosan yang mengakibatkan produktivitas Anda menurun. Apapun profesi yang Anda jalani entah pekerja professional di kantor, pegawai negeri, wirausaha ataupun ibu rumah tangga yang nota bene disibukkan pekerjaan rumah.

Rasa bosan juga akan menjadikan Anda tidak kreatif. Ibu rumah tangga misalnya, ketika semangatnya sedang kendur tidak akan bisa memunculkan ide kreatif untuk menemukan resep masakan baru yang disukai keluarga. Ataupun bila Anda pekerja, hal tersebut akan menghambat Anda menemukan cara kreatif agar pekerjaan Anda di kantor bisa lebih optimal.





Adapun beberapa hal yang dapat Anda coba agar motivasi Anda tetap ON;


  • Memperluas Wawasan


Salah satu cara memperluas wawasan yaitu dengan membaca. Luangkan waktu beberapa menit perhari untuk membaca agar wawasan Anda ter-upgrade.

Bacalah buku-buku biografi orang-orang sukses yang menjadikan Anda termotivasi untuk berbuat lebih baik.

Baca pula buku-buku mengenai hobi Anda karena mempelajari hal-hal yang baru secara kontinyu akan memperkaya khasanah Anda sekaligus mengasah ketajaman otak.

  • Buat Daftar Prestasi


Ketika semangat sedang kendur, dorongan yang paling besar agar tetap ON ada dalam diri Anda.

Buatlah daftar prestasi yang pernah Anda raih, sekecil apapun itu tulislah.

Meracik resep masakan lama yang Anda modifikasi sehingga disukai ibu-ibu arisan di komplek Anda bisa Anda tulis sebagai prestasi yang Anda raih.

  • The Bigger Picture


Hindari cara pandang picik, hadapi situasi apapun yang ada didepan Anda sesuia dengan porsinya. Jangan biarkan hambatan kecil menjadi batu sandungan yang akan menjungkalkan Anda.

  • Have Some Fun


Lakukan hal-hal menyengkan yang dapat mengalihkan kebosanan Anda. Menurut  pakar kreatifitas Doug Hall dalam salah satu tulisannya, bahwa kekuatan otak akan berlipat ganda, tiga hingga lima kali lipat bila seseorang tertawa dan having fun sebelum berkonsentrasi dengan sebuah permasalahan.

Telfonlah teman-teman lama Anda untuk berbagi cerita konyol yang dapat membuat Anda tertawa lepas ketika Anda mengalami dead locked.

  • Tantang diri Anda


Tantangan akan menjadikan hidup Anda lebih berwarna. Terus perbaharui goal-goal Anda agar semangat Anda terus terpacu.

Bagian paling sulit tentu ketika Anda akan memulai. Tanamkan dalam benak Anda bahwa resiko adalah motivator yang akan mendorong Anda untuk maju.

Jadikan kegagalan guru yang paling hebat. Jangan takut gagal, ambil hikmahnya.

  • Penyegaran


Sesuatu yang sederhana seperti mengganti tirai rumah Anda ataupun mengganti rute perjalanan ke kantor dapat menjadikan Anda dan pikiran Anda tetap fresh.

Selamat menikmati hidup =)



 

 

 

Gambar diambil disini

You Might Also Like

5 komentar

  1. paling suka yang pertama dan akhir, hehehe, ayooo semangat!

    BalasHapus
  2. sedang mencoba dan tahap pelaksanaan amin :)

    BalasHapus
  3. terimakasih mbak untuk motivasinya. ini ane butuhin nih.. :)

    BalasHapus
  4. wah dapat ilmu motivasi nih...
    kadang bilang "ayo semangat" saja tidak cukup. Harus ada triger-triger lain yang memunculkan semangat itu sendiri. Dan 6 point diatas beberapa diantaranya,,.

    salam kenal

    BalasHapus
  5. wah, tipsnya oke banget, jadi bisa "on fire" terus nih~ :D
    salam kenal kak~ :)

    BalasHapus